Pentingnya Edukasi Pedoman Gizi Isi Piring Anak

Kamis, 22 Februari 2018 - 03:33 WIB
Pentingnya Edukasi Pedoman...
Pentingnya Edukasi Pedoman Gizi Isi Piring Anak
A A A
YOGYAKARTA - Berdasarkan data Profil Kesehatan Kota Yogyakarta pada 2015, terdapat 870 anak atau 0,5% dari seluruh anak atau balita di Yogyakarta mengalami stunting. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan konsistensi dalam edukasi gizi anak dengan memperhatikan keseimbangan gizi yang dikonsumsi anak.

Karena itu, Danone Indonesia mengedukasi warga Yogyakarta mengenai Pedoman Gizi Isi Piring Anak 4-6 Tahun. Pedoman Gizi Isi Piring Anak 4-6 Tahun merupakan dukungan atas gerakan yang dicanangkan pemerintah yaitu Isi Piringku.

Pada November 2017, Danone memulai gerakan dengan mensosialisasikan buku Panduan Isi Piring Anak 4-6 Tahun yang disusun bersama FEMA IPB dan mengadaptasi dengan gerakan Isi Piringku oleh pemerintah.

“Gerakan ini kami lakukan untuk menjawab salah satu poin pendukung ambisi Danone dalam gerakan Alimentation Revolution (Revolusi Pangan) yang saat ini kami jalankan. Bagi Danone, dengan anak memiliki tubuh yang sehat dan cakupan gizi seimbang dari bumi yang sehat akan mendorong lahirnya generasi unggul di masa mendatang," kata Direktur Sustainable Development Danone Indonesia Karyanto Wibowo melalui keterangan pers yang diterima SINDOnews.

Dalam kesempatan yang sama, pakar nutrisi Seala Septiani menjelaskan asupan gizi seimbang pada anak diberikan dengan memperhatikan setiap elemen makanan yang masuk dalam isi piring anak. Setidaknya dalam porsi makan anak terkandung 50% buah dan sayur juga 50% karbohidrat serta protein dengan pembagian sepertiga lauk dan dua pertiga karbohidrat.

"Khususnya bagi masyarakat Yogyakarta yang memiliki menu makanan lokal dengan selera yang manis, tentunya para ibu harus memahami seberapa banyak porsi dan pembagian jumlah asupan yang seimbang. Dengan mengerti pembagian tersebut, ibu dapat mengolah bahan makanan khas lokal dan tetap memenuhi kebutuhan gizi seimbang pada anak," jelas Seala Septiani.

Edukasi Isi Piringku di Yogyakarta kali ini juga mengajak para media bersama-sama dengan para Ibu dari siswa PAUD mengadakan beberapa kegiatan seperti: demo masak makanan sehat dan kompetisi mengatur porsi makan kepada anak sesuai panduan Isi Piring Anak 4-6 tahun.

Selain itu, melakukan sosialisasi di 64 lembaga yang tersebar di 3 lokasi, yaitu Kecamatan Klaten Utara Kabupaten Klaten Jawa Tengah, Kecamatan Delanggu Kabupaten Klaten, Kecamatan Sentolo Kabupaten Kulonprogo Yogyakarta.

"Kami berharap edukasi isi Piring Anak 4-6 tahun dapat tersebar sehingga komitmen Danone Indonesia dalam pemenuhan nutrisi pada anak dapat terus berjalan dan memberikan dampak yang baik bagi bumi,” beber Karyanto.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0575 seconds (0.1#10.140)